Sunday, November 24, 2013

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan - Minyak zaitun mungkin terdengar sedikit asing ditelinga apalagi khasiat minyak zaitun ini. Minyak zaitun sendiri merupakan minyak yang dihasilkan dari buah yang bernama zaitun. Sebuah pohon kecil yang berbuah dimana buah mudanya bisa dimakan mentah, buah inilah yang namanya buah zaitun.

Minyak zaitun ini didapatkan dari hasil perasan buah zaitun yang sudah tua dan kemudian diekstrak. Tahukan anda, minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk berbagai macam keperluan. Beberapa diantaranya yakni dimanfaatkan untuk memasak, obat herbal, dan juga kosmetik untuk kecantikan.

Beberapa kandungan yang telah ditemukan dalam minyak zaitun yakni vitamin (A, B1, B2, C, D, E, K) dan juga berbagai macam mineral seperti, zat besi, kalsium, potasium dan juga sodium.

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yakni untuk mencegah penyakit diabetes. Jadi minyak ini sangatlah bagus untuk anda yang belum atau sudah terlanjur menderita diabetes. Selain itu tentu saja minyak zaitun juga mempunyai manfaat atau khasiat lainnya yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Lantas apa saja khasiat minyak zaitun untuk kesehatan. Berikut ini blog Kesehatan dan Kecantikan berikan informasinya untuk anda.

Manfaat Minyak Zaitun

Sudah banyak penelitian serta uji coba yang dilakukan bahwa ternyata minyak zaitun ini sangat berkhasiat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun yang perlu anda ketahui.

1. Mengatasi nyeri
Dalam minyak zaitun terdapat kandungan yang bernama oleokantal, kandungan tersebut bermanfaat untuk mengatasi nyeri, bengkak, atau radang. Selain itu ini juga dapat dijadikan sebagai obat oles untuk luka lecet atau sobek.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung
Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung karena kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi. Anda bisa mendapatkan khasiat ini dengan cara minum 2 sendok makan setiap harinya.

3. Mencegah pikun
Bagi anda yang belum mengalami pikun sebaiknya konsumsi minyak zaitun ini sebelum mengalaminya. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, kandungan ini bermanfaat untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga mampu mencegah hilangnya ingatan alias pikun.

4. Menghilangkan Artritis atau nyeri sendi
Minyak zaitun sangat berkhasiat untuk mengatasi nyeri sendi, ini dikarenakan dalam minyak ini terkandung Prostaglandin yang bermanfaat dalam mengatasi pengeroposan tulang serta mengatasi nyeri sendi. Anda tinggal mengkonsumsi minyak zaitun dengan cara dicampurkan kedalam makanan sehari-hari. Anda juga bisa menggunakan cara lain yakni dengan mengoleskannya pada bagian yang mengalami nyeri otot.

5. Mencegah diabetes
Minyak zaitun mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes. Ini disebabkan karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal.

6. Melawan kanker
Kandungan fenol dalam minyak zaitun mempunyai fungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mencegah penyakit kanker karena mampu menghambat serta mencegah terjadinya kerusakan sel yang dapat memicu penyakit kanker.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Demikian sekilas informasi mengenai khasiat minyak zaitun serta manfaat untuk kesehatan kita.

0 komentar:

Post a Comment