Monday, November 25, 2013

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan - Hampir setiap orang tau daun sirih merah dan hijau, namun belum tahu manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Tanaman daun sirih merupakan tanaman asli indonesia, tanaman ini tumbuh dengan cara merambat atau bersandar pada pohon atau media lain.  Sebenarnya daun sirih mempunyai banyak sekali jenis, namun pada umumnya daun sirih merah dan daun sirih hijau lah yang paling banyak ditemukan dimasyarakat.

Daun sirih dipercaya sebagai obat herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit. Ini dikarenakan begitu banyak kandungan yang ada dalam daun sirih tersebut. Beberapa kandungan tersebut yakni seperti alkaloid, kandungan ekstragol, ekstragol, kandungan cineole, allylprokatekol, fenil propoda, eugenol, minyak astsiri dan masih banyak lagi kandungan dalam daun sirih tersebut.

Beberapa kandungan tersebut membuat manfaat daun sirih merah untuk kesehatan sangatlah banyak. Beberapa manfaat daun sirih merah yang sering digunakan yakni sebagai obat penyakit kulit, diabetes, maag, dan masih banyak lagi. Nah manfaat-manfaat tersebutlah yang jarang diketahui oleh masyarakat awam. Untuk itu kali ini blog Kesehatan dan Kecantikan ingin sedikit berbagi informasi mengenai manfaat daun sirih merah ini.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih merah :
  • Mengobati penyakit kulit seperti luka dan gatal
  • Mencegah dan mengobati penyakit diabetes
  • Menyembuhkan penyakit TBC tulang
  • Mencegah serta mengobati penyakit kanker, maag, serta batu ginjal
  • Mampu menyembuhkan ambeien
  • Mengobati keputihan pada wanita
  • Mengatasi masalah mulut seperti bau mulut, meredakan gusi berdarah serta mengobati gigi berlubang
  • Mencegah penyakit atau serangan jantung
  • Meredakan panas demam

Manfaat daun sirih hijau :

1. Mengobati keputihan pada wanita, caranya yakni dengan merebus daun sirih secukupnya. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk diminum, selain itu anda juga bisa menggunakan air tersebut untuk membasuh daerah kewanitaan anda.

2. Mengobati sariawan, caranya yakni dengan menguyah daun sirih atau bisa juga merebusnya kemudian gunakan airnya untuk berkumur.

3. Menghilangkan bau mulut, caranya yakni sama dengan mengobati sariawan, anda bisa menguyah atau merebus daun sirih kemudian digunakan untuk berkumur.

4. Mengobati luka bakar, caranya yakni dengan memanaskan daun sirih hingga layu, kemudian menempelkan daun sirih tersebut pada luka bakar.

5. Mengobati mimisan, caranya yakni dengan menggulung satu lembar daun sirih yang masih muda kemudian gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.

Selain beberapa manfaat daun sirih merah dan hijau diatas masih banyak lagi manfaatnya. Beberapa diantaranya yakni untuk mengobati batuk, jerawat, asma, radang tenggorokan, membersihkan mata, dan masih banyak lagi. Demikian sedikit ulasan tentang manfaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan kita.

0 komentar:

Post a Comment