Sunday, December 22, 2013

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan


Manfaat daun pepaya bagi kesehatan sangat banyak dan kandungan dalam daun pepaya gantung ini berkhasiat untuk kesehatan kita, salah satunya yakni untuk mencegah kanker. Karena dalam daun pepaya mengandung getah putih, dimana getah tersebut berkhasiat sebagai anti-kanker.

Salah satu khasiat daun pepaya yang sudah dipercaya dari dulu yakni untuk menambah nafsu makan. Meskipun rasa dari daun pepaya ini sangatlah pahit, namun anda tidak perlu kawatir karena ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Berikut ini beberapa tipsnya, anda cukup pilih satu tips saja.
Tips 1 :
Remas-remas daun pepaya dengan campuran garam dapur, pastikan sampai layu. Kemudian tinggal rebus daun pepaya tersebut.

Tips 2 :
Merebus daun pepaya dengan dicampurkan daun jambu biji. Perbandingannya yakni 3:10. Jadi semisal 3 lembar daun pepaya, maka daun jambu bijinya sebanyak 10 lembar.

Tips 3 :
Merebus daun pepaya dengan dicampurkan 1 genggam tanah liat. Setelah matang lalu cuci daun pepaya sampai bersih.

Untuk khasiatnya sendiri saya yakin anda belum pernah mengetahuinya, untuk itu kali blog kesehatan dan kecantikan akan memberikan sedikit informasi mengenai manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita.


Berikut ini beberapa khasiat daun pepaya untuk kesehatan.
1. Penambah nafsu makan
Bagi anda yang mempunyai buah hati yang kurang nafsu makan, anda bisa memberikannya sayuran daun pepaya untuk menambah nafsu makannya. Selain membuatnya menjadi sayuran anda juga bisa menggunakan cara lainnya, yakni dengan menumbuk halus daun pepaya yang dicampurkan dengan garam dan air hangat. Lalu saring untuk diambil airnya, kemudian minum air saringan tersebut guna mendapatkan khasiat untuk menambah nafsu makan.

2. Melancarkan pencernaan
Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, anda bisa membuat daun pepaya sebagai sayuran seperti tumis. Dengan mengkonsumsi sayuran daun pepaya ini anda bisa terhindar dari yang namanya gangguan pencernaan.

3. Menghilangkan jerawat pada wajah
Cara yakni pertama anda harus menjemur 2 lembar daun pepaya yang sudah tua, lalu ketika sudah kering tumbuk dengan dicampurkan sedikit air hangat. Kemudian gunakan ramuan atau hasil tumbukan tersebut untuk dioleskan pada area jerawat. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bersihkan wajah anda.

4. Mencegah penyakit kanker
Getah putih pada daun pepaya berkhasiat sebagai anti-kanker. Anda cukup mengkonsumsinya untuk mendapatkan khasiat yang satu ini.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi
Cara menggunakan daun pepaya untuk mengatasi tekanan darah tinggi yakni dengan merebus 5 lembar daun pepaya kedalam 1/2 liter air, kemudian campurkan air rebusan tersebut dengan pemanis madu murni atau gula merah juga bisa. Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.

6. Obat flu
Caranya yakni cukup lumatkan 3 lembar daun pepaya muda, peras lalu beri garam. Untuk obat flu anak-anak minumkanlah dua kali sehari, dan untuk orang dewasa minum sebanyak empat kali sehari

7. Memulihkan penyakit demam berdarah
Caranya yakni dengan merebus 5 lembar daun pepaya kedalam 0,5 liter air. Tunggu sampai mendidih dan sisakan tinggal 1 gelas air saja. Tambahkan sedikit garam dan madu sebanyak 2 sendok. Konsumsi air rebusan tersebut selagi amsih hangat, anda bisa minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari yakni pada pagi, sore, dan malam menjelang tidur.

Sebenarnya manfaat daun pepaya bagi kesehatan diatas hanya beberapa saja. Alangkah lebih baiknya kalau anda juga mengkonsumsi buah pepaya agar senantiasa mendapatkan vitamin dan nutrisinya. Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat daun pepaya semoga bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Post a Comment