Monday, December 16, 2013

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak
Sebenarnya ada beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa anda lakukan, namun ternyata cara ini tidak banyak diketahui. Biasanya sebelum mengalami pembengkakan, akan muncul tanda-tanda pada gusi kita. Salah satu yang umum yakni adanya tanda kemerah-merahan yang melingkari gusi.

Tentu saja gusi bengkak dan berdarah itu ada faktor penyebabnya. Adapun faktornya yakni bakteri yang terbawa oleh makanan serta kurang terjaganya kesehatan gusi dan mulut. Ada beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami, salah satunya yakni dengan menggunakan garam dan air.

Untuk mengobati gusi bengkak sebenarnya sangatlah gampang, karena kita bisa menggunakan bahan alami seperti garam, minyak cengkeh, kunyit, dan beberapa bahan alami lainnya. Cara ini tentu aman karena tidak mengandung bahan kimia yang memberikan efek samping. Nah bagi anda yang mengalami gusi bengkak, kali ini saya akan share tips kesehatan bagi anda tentang cara mengobati gusi bengkak secara alami.

Mengobati Gusi Bengkak

Berikut ini 5 cara alami untuk mengobati gusi yang bengkak.

1. Menggunakan air garam hangat
Ternyata campuran garam dan air hangat sangat efektif untuk mengobati gusi bengkak. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok garam dan 1 gelas air yang hangat. Kemudian berkumurlah dengan campuran tersebut. Anda bisa berkumur dengan campuran ini sebanyak 2 kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal.

2. Menggunakan minyak cengkeh
Minyak cengkeh memang terbukti untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan mulut, dan salah satunya adalah gusi bengkak. Tentu saja cara ini aman tanpa efek samping. Nah cara menggunakannya yakni oleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang mengalami bengkak. Anda bisa menggunakan cara ini 3 kali sehari setelah makan.

3. Menggunakan lemon dan air hangat
Lemon lebih dikenal berkhasiat untuk perawatan kulit, namun ternyata juga sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Caranya yakni dengan memeras 1/4 lemon kemudian campurkan air perasannya dengan 1/2 gelas air hangat. Gunakan campuran air lemon dan air hangat tersebut untuk berkumur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

4. Banyak minum air putih
Minum air putih minimal 8 gelas sehari sangat dianjurkan para dokter, karena bisa menjaga kesehatan tubuh kita, terutama agar terhindar dari dehidrasi. Namun selain itu minum air putih sesuai aturan juga dapat menghindarkan kita dari berbagai masalah kesehatan mulut. Dengan minum air putih maka senantiasa mulut tidak akan mengalami kekeringan. Cara ini juga bermanfaat untuk membersihkan gusi dan mulut dari bakteri yang merugikan.

5. Pijatan pada gusi
Cara termudah yang bisa anda lakukan yakni dengan memijat secara perlahan dengan gerakan melingkar pada pipi bagian gusi yang bengkak. Ingat, lakukan cara ini secara perlahan, pastikan gerakan pemijatan anda tidak membuat anda merasa kesakitan.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa anda lakukan. Untuk menghindari masalah kesehatan mulut pastikan anda selalu menggosok gigi dan menjaga kesehatan mulut. Semoga informasi tentang tips cara mengobati gusi bengkak kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

0 komentar:

Post a Comment