Thursday, December 19, 2013

Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak
Manfaat buah sirsak untuk kesehatan memang sangat banyak namun sayangnya manfaat dan khasiat buah sirsak ini jarang diketahui. Sebenarnya pohon sirsak merupakan tanaman yang berasal dari amerika tengah dan selatan. Namun kini sudah menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan sudah dipercaya dan terbukti ampuh mengobati berbagai penyakit. Diantaranya yakni mengobati ambeien dan juga diare pada bayi.

Pohon buah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan ini bisa tumbuh sampai 9 meter. Sebenarnya pohon ini bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000m diatas permukaan laut. Namun meskipun demikian, ternyata pohon sirsak juga tetap bisa tumbuh dan berbuah didataran rendah.

Kandungan pada buah sirsak pun sangat beragam dan mempunyai khasiat tersendiri. Nah tanpa perlu panjang lebar lagi berikut ini beberapa kandungan dan manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Manfaat Buah Sirsak

Berikut ini beberapa kandungan buah sirsak.
Asam acrobat
Kandungan asam acrobat dalam buah sirsak dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh kita, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Serat
Terdapat kandungan serat larut dan tak larut dalam buah ini. Manfaat dari kandungan tersebut yakni mengurangi rasa tidak nyaman akibat sembelit.

Fosfor dan Kalsium
Dalam buah sirsak ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah ternyadinya osteoporosis. Selain itu kandungan fosfor dan kalsium dalam buah ini tentunya mampu menjaga kesehatan tulang anda.

Karbohidrat
Tentu saja kandungan yang satu ini bermanfaat untuk selalu memberikan energi untuk tubuh kita beraktifitas. Selain itu aromanya yang menyegarkan bisa meningkatkan mood dan kandungan thiamin didalamnya dapat memperbarui energi.

Vitamin (C, B1, B2)
Kandungan vitamin C dalam buah sirsak mempunyai fungsi untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah radikal bebas. Dan kandungan riboflvin atau vitamin B2 dapat menurunkan sakit kepala seperti migrain serta memperlancar metabolisme tubuh kita.

Zat besi
Kandungan zat besi dalam buah sisrsak bermanfaat untuk meningkatkan kandungan sel darah merah dalam tubuh, sehingga dapat mencegah anemia.

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan lainnya yakni sebagai berikut.
  • Mengatasi masalah kerontokan rambut
  • Membantu proses pembentukan gigi serta tulang bayi pada saat masih dikandungan
  • Memperkuat system kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menstabilkan berbagai fungsi tubuh
  • Mampu membunuh sel kanker
  • Mengatur proses metabolism
  • Dapat mengatasi atau mengobati ambeien.
  • Mengobati diare pada bayi.
  • Menjaga kualitas sel darah

Itulah beberapa manfaat buah sirsak yang sebaiknya anda ketahui. Sebenarnya selain buah sirsak daunnya pun memiliki banyak sekali manfaat. Mungkin pada kesempatan yang akan datang akan saya berikan tips kesehatan tentang bagaimana membuat ramuan dari daun sirsak untuk mengobati berbagai penyakit. Untuk kali ini mungkin cukup sekian dulu semoga artikel tentang manfaat buah sirsak untuk kesehatan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Post a Comment